Pengertian Kriptografi dan Python

Kriptografi

Secara etimologi, kata kriptografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kryptos berarti rahasia dan graphein berarti tulisan. Sedangkan secara terminologi, kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikannya ke dalam bentuk yang tidak dapat dipahami maknanya sehingga tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berkepentingan. Dalam kriptografi, setiap orang dimungkinkan untuk bebas memilih metode untuk merahasiakan pesan. Metode tersebut berbeda-beda (unik) untuk setiap pelaku kriptografi sehingga penulisan pesan rahasia mempunyai estetika tersendiri. Estetika penulisan pesan rahasia ini menjadikan kriptografi sebagai sebuah seni. Pada perkembangan selanjutnya, kriptografi dikenal sebagai disiplin ilmu yang menggunakan teknik matematika untuk keamanan informasi, seperti privasi dan autentikasi.

Kriptografi adalah suatu ilmu atau seni mengamankan pesan, dan dilakukan oleh cryptographer. Enkripsi (encryption) merupakan proses yang dilakukan untuk mengubah pesan yang tidak disandikan (plaintext atau cleartext) ke dalam bentuk yang tidak dapat dibaca (ciphertext) Sedangkan dekripsi (decryption) adalah proses kebalikannya. Proses enkripsi dan dekripsi diatur oleh satu atau beberapa kunci kriptografi. Dalam suatu sistem dimana terdapat algoritma kriptografi, ditambah seluruh kemungkinan plaintext, ciphertext dan kunci-kuncinya disebut kriptosistem (cryptosystem atau cryptographic system).


Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.
Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya, namun tidak dibatasi pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa script. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.


Kriptografi Dengan Metode XOR

Kriprografi dengan metode XOR melakukan penyandian pada pesan teks dengan mengubah setiap karakter pada pesan menjadi sebuah nilai berdasarkan tabel ASCII. Nilai – nilai tersebut kemudian akan diubah menjadi bilangan biner.  Untuk nilai kunci pada metode ini menggunakan kunci simetris, untuk penerapannya kunci yang digunakan sebuah kunci yang merupakan bilangan bulat yang akan diubah menjadi bilangan biner. Masing– masing nilai biner dari hasil perubahan setiap karakter pada pesan akan dioperasikan menggunakan metode XOR dengan bilangan biner dari nilai kunci yang sama. Langkah – langkah ini berlaku pada proses enkripsi dan dekripsi pesan 

0 Response to "Pengertian Kriptografi dan Python "

Post a Comment