PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA

      Jaringan computer adalah sekumpulan peralatan computer yang dihubungkan agar dapat saling
berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer).Agar jaringan dapat berfungsi dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya.Dibutuhkan aturan- aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan.
Manfaat jaringan secara umum
·         Dapat saling sharing file
·         Tukar menukar data
·         Memungkinkan dapat memakai printer secara bersamaan
·         Dapat menghemat biaya
·         Efisiensi kerja meningkat
·         File-file lebih mudah dipelihara
·         Dapat meningkatkan kerja sistem

Komunikasi Data
      Komunikasi data adalah satu bagian dari ilmu komunikasi yang mengkhususkan diri pada penyampaian informasi yang berupa text dan gambar
Unsur pokok komunikasi data
·         Transmitter (sumber)
·         Receiver (tujuan)
·         Media transmisi
·         Informasi yang berupa data     Komunikasi adalah suatu proses timbal balik yang terjadi ketika ada pengirim yang memberikan suatu informasi melalui media transmisi yang akan di berikan kepada penerima. Kalau data adalah bahan mentah yang akan dijadikan suatu informasi yang biasa kita berikan pada saat berkomunikasi.Komunikasi data adalah proses komunikasi yang secara khusus untuk mengirimkan data dari pengirim ke penerima melalui suatu media transmisi. Komunikasi data jaringan komputer adalah proses pengiriman maupun penerimaan data yang dikirimkan dari satu komputer ke piranti yang lainnya melalui suatu media transmisi.
JENIS – JENIS KOMUNIKASI DATA
Secara umum jenis – jenis komunikasi data di bagi atau di golongkan menjadi dua macam yaitu :
  • ž  Infrastruktur ferestrial

      Aksesnya menggunakan media kabel dan nirkabel . Untuk membangun struktur terestrial ini membutuhkan biaya yang tinggi. Kapasitas bandwitch yang terbatas, biaya yang tinggi dikarenakan dengan menggunakan kabel tidak di pengaruhi oleh faktor cuaca, jadi sinyal yang di gunakan cukup kuat.
  • ž  Melalui satelit

      Wilayah yang di cangkup menggunakan satelit yang lebih luas, sehingga mampu menjangkau sebuah lokasi yang tersembunyi. namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Mengapa diperlukan suatu teknik komunikasi data antar komputer satu dengan komputer atau terminal yang lain.
Salah satunya adalah sebagai berikut :
ž  Adanya distributed processing (pemrosesan terdistribusi) , ini mutlak diperlukan jaringan sebagai sarana pertukaran data.
    Contoh: Transaksi sering terjadi pada suatu lokasi yang berbeda dengan lokasi pengolahan datanya atau lokasi di mana data tersebut akan digunakan, sehingga data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim lagi ke lokasi yang membutuhkan informasi dari data tersebut.
ž  Biasanya lebih efisien atau lebih mudah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih-lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan cara pengiriman biasa. Ini biasa terjadi pada sebuah perkantoran dll.

Model Komunikasi
Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, harus ada minimal 3 unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi dan penerima. Andaikan salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan. Secara garis besar proses komunikasi data digambarkan berikut ini : Contoh proses komunikasi data.

ž  Berikut ini penjelasan dari contoh komunikasi data tersebut
      Source (Sumber). Peralatan ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan. Misalkan telepon dan PC (Personal Computer)
      Transmiter (Pengirim). Biasanya data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmisi cukup memindah dan menandai informasi dengan cara yang sama seperti menghasilkan sinyal-sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan. Sebagai contoh, sebuah modem tugasnya menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sebelumnya sudah dipersiapkan misalnya PC, dan menstransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jaringan telepon.
      Sistem Transmisi. Berupa jalur transmisi tunggal atau jaringan kompleks yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan.
      Receiver (Penerima). Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. Sebagai contoh, sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream.
      Destination (Tujuan). Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.

ž  Komponen Komunikasi
1. Sumber Data.
                                adalah asal dari data yang akan di kirimkan.
                Pengertian sumber data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, misalkan terminal komputer, Sumber data ini membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber pada umumnya dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, antara lain pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh dari transmisi adalah modem yaitu perangkat yang bertugas untuk membangkitkan digital bitstream dari PC sebagai sumber data mejadi analog yang dapat dikirimkan melalui jaringan telepon biasa menuju ke tujuan.

2. Pengirim
 adalah suatu piranti yang kita gunakan untuk mengrimkan data
3. Media Transmisi
adalah media yang digunakan sebagai sarana atau alat yang digunakan pada proses pengiriman data.
                Media transmisi data merupakan jalur dimana proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan jalur transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini berfungsi sebagai jalur informasi untuk sampai pada tujuannya.
Ada beberapa hal yang berhubungan dengan transmisi data yaitu kapasitas dan tipe channel transmisi, kode transmisi, mode transmisi, protokol yang digunakan dan penggunaan kesalahan transmisi.           Beberapa media transmisi yang digunaka antara lain: twisted pair, kabel coaxial, serat optik dan gelombang elektromagnetik.

4. Penerima
adalah suatu piranti yang kita gunakan untuk menerima data yang dikirimkan.
                Pengertian penerima data adalah alat yang menerima data atau informasi, misalkan pesawat telepon, terninal komputer, dan lain-lain. Berfungsi mnerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima merupakan suatu alat yang disebut receiver yang fungsinya untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap dan digunakan oleh penerima. Sebagai contoh modem yang berfungsi sebagai receiver yang menerima sinyal analog yang dikirim melalui kabel telepon dan mengubahnya menjadi suatu bit stream agar dapat ditangkap oleh komputer penerima.
5. Protokol
adalah aturan-aturan yang digunakan untuk menyelaraskan kegiatan komunikasi.Protokol dipergunakan untuk proses komunikasi data dari sistem-sistem yang berbeda-beda. Protokol merupakan sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi seperti pembuatan hubungan, proses transfer suatu file, serta memecahkan berbagai masalah khusus yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi tersebut supaya komunikasi dapat berjalan dan dilakukan dengan benar.Beberapa hal yang berhubungan dengan tugas-tugas protokol antara lain:
Ø  Mengaktifkan jalur komunikasi data langsung, serta sistem sumber harus menginformasikan identitas sistem tujuan yang diinginkan kepada jaringan komunikasi.
Ø  Sistem sumber harus dapat memastikan bahwa sistem tujuan benar-benar telah siap untuk menerima data.
Ø  Aplikasi transfer file pada sistem sumber harus dapat memastikan bahwa program manajemen file pada sistem tujuan benar-benar dipersiapkan untuk menerima dan menyimpan file untuk beberapa user tertentu.
Ø  Bila format-format file yang dipergunakan pada kedua sistem tersebtu tidak kompatibel, maka salah satu satau sistem yang lain harus mamapu melakukan fungsi penerjemahan format.







0 Response to "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA"

Post a Comment