Pengertian Komunikasi Data







     Komunikasi adalah suatu proses timbal balik yang terjadi ketika ada pengirim yang memberikan suatu informasi melalui media transmisi yang akan di berikan kepada penerima. Kalau data adalah bahan mentah yang akan dijadikan suatu informasi yang biasa kita berikan pada saat berkomunikasi.
    Komunikasi data adalah proses komunikasi yang secara khusus untuk mengirimkan data dari pengirim ke penerima melalui suatu media transmisi. Komunikasi data jaringan komputer adalah proses pengiriman maupun penerimaan data yang dikirimkan dari satu komputer ke piranti yang lainnya melalui suatu media

transmisi

*JENIS – JENIS KOMUNIKASI DATA
Secara umum jenis – jenis komunikasi data di bagi atau di golongkan menjadi dua macam yaitu :
A  Infrastruktur ferestrial
      Aksesnya menggunakan media kabel dan nirkabel . Untuk membangun struktur terestrial ini membutuhkan biaya yang tinggi. Kapasitas bandwitch yang terbatas, biaya yang tinggi dikarenakan dengan menggunakan kabel tidak di pengaruhi oleh faktor cuaca, jadi sinyal yang di gunakan cukup kuat.
B.  Melalui satelit
      Wilayah yang di cangkup menggunakan satelit yang lebih luas, sehingga mampu menjangkau sebuah lokasi yang tersembunyi. namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.
Mengapa diperlukan suatu teknik komunikasi data antar komputer satu dengan komputer atau terminal yang lain.
Salah satunya adalah sebagai berikut :
ž  Adanya distributed processing (pemrosesan terdistribusi) , ini mutlak diperlukan jaringan sebagai sarana pertukaran data.
      Contoh: Transaksi sering terjadi pada suatu lokasi yang berbeda dengan lokasi pengolahan datanya atau lokasi di mana data tersebut akan digunakan, sehingga data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim lagi ke lokasi yang membutuhkan informasi dari data tersebut.
ž  Biasanya lebih efisien atau lebih mudah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih-lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan cara pengiriman biasa. Ini biasa terjadi pada sebuah perkantoran dll.

Model Komunikasi
ž  Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, harus ada minimal 3 unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi dan penerima. Andaikan salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan. Secara garis besar proses komunikasi data digambarkan berikut ini : Contoh proses komunikasi data




KESIMPULAN
ž        komunikasi data adalah proses mengirim dan menerima data/informasi dari dua device atau lebih.
ž        alat-alat seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet adalah salah satu bentuk dari komunikasi data. dan pada era sekarang ini. komunikasi data sudah menjadi hal yang lumrah dan telah dilakukan jutaan kali disetiap harinya.

0 Response to "Pengertian Komunikasi Data"

Post a Comment